IKUTI
Info Terbaru
  • 1 tahun yang lalu / BagikanMaroa Travel adalah Biro Perjalanan Umroh & Haji Terbaik juga Terpercaya di Makassar yang memberikan jaminan harga yang Rasional dan Kompetitif dan juga tentunya telah memiliki izin resmi dari Kemenag. Bagikan
  • 1 tahun yang lalu / BagikanPromo Umroh 13 Hari Spesial Milad AWM Tour untuk 100 pendaftar pertama yang beruntung. Bagikan
Haji dan Umroh itu, Panggilan, Dipanggil atau Terpanggil?

Haji dan Umroh itu, Panggilan, Dipanggil atau Terpanggil?

Oleh : admin - Kategori : Umroh dan Haji
13
Nov 2019
Bagikan

Untuk memudahkan memahami kata di atas, kita sandingkan saja padanan perubahan kata “panggil” dengan “daftar” : “panggilan, dipanggil, terpanggil” dengan “daftaran, didaftar, terdaftar”.

Untuk jadi “Terdaftar”, kita harus daftar terlebih dahulu seteleh kita tahu adanya pengumuman pendaftaran dan kita juga harus pastikan bahwa kita sudah ada didaftar. Begitu juga sebelum kita jadi “Terpanggil” tentu kita harus merespon panggilan agar kita bisa dipanggil dan masuk daftar Terpanggil.

Allah sudah menyebarluaskan panggilan atau undangan ini kepada seluruh umat manusia. Undangan ini sudah dibuat oleh Allah dan disebarluaskan untuk hambaNya sejak ribuan tahun lalu oleh Nabi Ibrahim AS dan dilanjutkan oleh Rasulullah SAW,  undangan ini akan tetap ada sampai akhir zaman.

Panggilan yang satu ini adalah sebuah “inisiatif” yang didasari keimanan dan taqwa, yang ‘mengharuskan’ diri untuk mau hadir, ‘harus’ bisa hadir, ‘harus’ merasa tidak enak jika tidak hadir.  Memang benar-benar tidak ada pilihan lagi bagi yang berkesempatan. Harus hadir. Urusan undangan yang satu ini kaitan tanggung jawabnya lebih berat daripada sekedar ‘tidak enak’ pada si Pengundang. Tidak semudah itu pula lantas kita ‘bisa’ menghubungi si Pengundang dan dengan enteng memohon maaf atas ketidak hadiran kita karena bermacam alasan-alasan tertentu.

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali ‘Imraan [3]; ayat: 96-97)

Jadi…. Allah memanggil, kita dipanggil, tetapi hanya “sebagian” saja dari kita yang “terpanggil”. Itu semua tergantung respon kita setelah menerima panggilan.

Saya pikir kurang tepat apa yang kita lakukan ketika ada orang yang mau berangkat haji/umroh kita ngomong (titip pesan) “nanti nama saya di panggil / di sebut ya…..” karena sebenarnya bukan kapasitas manusia (jamaah) untuk melakukan panggilan ini. Cukuplah kita minta didoakan saja sesuai apa yang kita harapkan karena sesungguhnya sebagai insan kita mesti saling mendoakan dalam kebaikan.


Bagikan

About

Website Travel Kedai Website Indonesia

Jl. Bitoa Lama No.66, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234 - 90234

085656333307

Paket Populer

Jadwal Tour

Paket Umroh Milad AWM Tour 13 Hari
15 Apr 2021 - 4 Mei 2021
GUIDE : Sayyed Moh Aqsha